BAHASA YANG ANDA INGINKAN

SURAT UNTUK SAHABAT

Bismillah,,,
Segala puji hanya milik Allah Ta'ala yang senantiasa memberikan banyak kenikmatan, kenikmatan yang kita tidak akan pernah mampu untuk menghitungnya, kenikmatan teragung berupa hidayah sehingga kita masih di jalan yang lurus, jalan yang telah ditunjukkan Allah Ta'ala melalui utusan - Nya Muhammad Shalallahu 'alaihi wa Sallam, yaitu Islam, dimana tidak ada jalan lain untuk memperoleh keridhoan-Nya.
Semoga Shalawat dan Salam selalu tercurah kepa junjungan kita hamba dan utusan Allah Muhammad bin Abdullah, yang telah diangkat oleh Allah menjadi Nabi dan Rasul untuk memberikan kabar gembira bagi orang - orang yang mengimani risalahnya dan peringatan bagi yang bermaksiat kepadanya.
Saya ingin menyampaikan sebuah surat yang pernah dikirimkan pada kami ( saat itu masih di asrama, dan surat itu memang ditujukann pada saya dan teman - teman yang tinggal di asrama ). Tujuan dari surat itu memang untuk menasehati kami pada saat itu yang berstatus sebagai penuntut ilmu. Akan saya sampaikan secara singkat inti dari surat itu adalah :
Pertama, nasehat untuk tidak tertawa berlebihan sampai terbahak - bahak dan sangat keras.
( hal ini dapat dilihat dalam adab bercanda pada buku etika seorang muslim terbitan darul haq, buku yang ringan dibaca, yang berisis akhlaq - akhlaq islami disertai dengandalil - dalilnya ).
kedua, nasehat yang perlu diperhatikan bagi penuntut ilmu,, yaitu apa yang telah disampaikan Imam Syafi'i tentang 6 syarat untuk memperoleh ilmu,

أخي لن تنال العلم إلا بستة ....... سأنبيك عن تفصيلها ببيان
ذكاء وحرص واجتهاد وبلغة ..... وصحبة أستاذ وطول زمان


Beliau menasehati kepada kita, bahwa kita tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 syarat yang telah belaiu sebutkan di atas, keenam hal itu adalah Kecerdasan, Semangat, Kesungguhan, Bekal ( Biaya ) , Bersama dengan guru, dan waktu yang panjang.
Lalu pesan yang terakhir bagi kami adalah supaya kita semua berusaha untuk menghafal al-Qur'an.

Itulah nasehat dari Adik pengasuh kami di asrama tersebut, semoga ia mendapatkan balasan yang dari Allah Ta'ala dan dimudahkan untuk meniti jalan menuju keridhaan-Nya, dan begitu pula dengan kita semoga diberi petunjuk untuk dapt membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dan memudahkan jalan kita untuk meniti jalan Islam ini. Wallahu a'lam.

0 comments: