BAHASA YANG ANDA INGINKAN

SHOLAT ISTIKHOROH

Alhamdulillah was shalaatu was salaamu ‘ala Rasulillah…………….
Pada kesempatan ini saya akan menghadirkan pada para pembaca tentang do’a shalat istikhoroh. Mungkin kita telah memilih suatu jalan yang akan kita tempuh untuk menghadapi masa depan kita dan kita ingin mendapatkan keteguhan hati atas apa yang kita pilih tersebut dan apa yang kita pilih benar – benar bermanfaat bagi kita baik dunia dan akhirat.
Beginilah hadits yang memuat tentang sholat isthikhoroh.
............................................

صَلاَة الاستخارة
إذا هممت بأمر فاركع ركعتين من غير الفريضة ثم قل (اللهم إني أستخيرك بعلمك و أستقدرك بقدرتك وأسألك من فضلك العظيم فإنك تقدر ولا أقدر وتعلم ولا أعلم وأنت علام الغيوب اللهم إن كنت تعلم أن هذا الأمر خير لي في ديني و دنياي و معاشي وعاقبت أمري (أو عاجل أمري و آجله) فاقدره لي و يسره لي ثم بارك لي فيه و إن كنت تعلم أن هذا الأمر شر لي في ديني ودنيايا ومعاشي وعاقبة أمري (أو عاجل أمري وآجله) فاصرفه عني واصرفني عنه واقدرلي الخير حيث كان ثم رضني به) وتسمى حاجتك

Shalat Istikharah
Jika engkau akan mengambil ketegasan sesuatu yang penting, kerjakanlah shalat dua rakaat di luar shalat wajib dan bacalah :
Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa asaluka min fadllikal ‘adhiim, fainnaka taqdiru walaa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allaahumma in kunta ta’alu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wa dunyaayaa wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii (au ‘aajili amri wa aajilihi) faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi. Wa in kunta ta’lamuanna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa dunyaayaa wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii (au ‘aajili amri wa aajilihi) fashrifhu ‘anni washrifnii ‘anhu waqdur lii al khaira haitsu kaana tsumma radldlini bihi (lalu menyebutkan kepentinganmu)
Arti doa :
Yaa Allah aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku emohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu yang agung. Sesungguhya Engkau Maha Kuasa sementara aku tidaklah kuasa. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui sementara aku tidaklah mengetahui, karena Engkau mengetahui hal – hal yang ghaib.
Yaa Allah, bila Engkau mengetahui perkara ini ( diebutkan apa yang menjadi persoalannya ) lebih baik dalam agamaku, hidupku, dan akhir urusanku [dalam jangka pendek atapun panjang] maka taqdirkanlah hal itu bagiku dan mudahkanlah aku untuk mendapatkannya, kemudian berkatilah aku dalam hal tersebut. Dan jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini tidak baik bagiku, agamaku, hidupku dan akhir urusanku kelak, [dalam jangka pendek ataupun panjang] maka jauhkanlah perkara itu dariku dan hindarkanlah diriku darinya, lalu taqdirkanlah yang baik bagiku bagaimanapun adanya, kemudian buatlah aku ridha dengannya.
………………………………………………………..
Untuk waktu sholat tidak waktu khusus baik malam atapun siang, tapi lebih utama dilakukan pada sepertiga malam yang akhir karena itu termasuk waktu yang mustajab. Wallahu a’lam.

0 comments: